Rabu, 02 April 2014

Adab Murid Kepada Guru

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang apa yang saya dapatkan dari hasil belajar dan mendengarkan ulasan mengenai adab murid kepada guru yang terdapat pada kitab adabbul insan Pasol yang ke 6. Berikut ini ulasannya :


Adab murid kepada guru yang mengajarkan alquran atau ilmu agama yang betul ajarannya.

“ Bermula patuh atas anak murid bahwa ia memberi hormat kepada gurunya sekalipun ajarannya itu dengan upah sebab sebagai segala sebab kebaikan dunia dan akhirat yang anak murid dapat segala dari lantaran gurunya punya ajaran dan punya pertunjukan maka segala kebaikan dan kebajikan itu tiadalah ada hingganya maka sekedar hormat anak murid kepada gurunya seperti itulah dia dapat berkah ilmunya yakni gunanya di dunia dan diakhirat.
Adapun orang yang tiada hormat kepada gurunya maka tiadalah dapat berkah ilmunya adapun orang yang dengki terhadap gurunya atau maka dibalas jahat terhadap gurunya maka itulah mustajib atas jahat di dunia dan di akhirat. “

Tulisan di atas adalah merupakan isi yang terkandung dalam kitab adabbul insan pasol yang ke 6 yang saya dapatkan dari hasil mendengarkan dan pelajari maknannya. Apabila ada kesalahan dalam pengartian ataupun tulisan, saya mohon maaf yang sebesar besarnya karna saya mendapatkan itu hasil dari mendengarkan. Karena yang sebenarnya kitab tersebut menggunakan huruf arab melayu dan saya juga hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Terima Kasih.

Menurut pensapat saya tentang yang sudah dijelaskan di atas tersebut adalah memang selayaknya anak murid harus patuh atupun menghormati gurunya karena dari lantaran guru itulah murid tersebut tidak buta atau bisa mengetahui ajaran yang sudah di ajarkan yang sebenarnya tentang akhlak anak murid kepada guru yang mengajarkannya ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat.

Referensi : (Kitab adabbul insan : Pasol yang ke 6)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Facebook Digg Favorites More